Inovasi Pelayanan Publik Jangan Business as Usual

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan agar instansi pemerintah daerah terus mengembangkan inovasi pelayanan publik. Namun agar setiap inovasi memberikan dampak perubahan yang lebih luas sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat, inovasi jangan business as usual. 

Hal itu dikatakan Menteri Asman saat membuka acara Kebumen Expo 2016, bersama Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad serta Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, di pendopo rumah dinas bupati Kebumen, Selasa (27/12). 

Saat ini ada 191 gagasan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Kebumen, sehingga LAN menjadikan Kabupaten Kebumen sebagai Laboratorium Inovasi. “Saya harapkan 191 ide inovasi pelayanan publik ini terimplementasi, sehingga masyarakat kebumen dapat merasakan perubahan dari adanya inovasi ini,” ujarnya. 

Sebagai pelayan masyarakat, PNS atau ASN dituntut untuk memperbaiki pelayanan publik yang saat ini dirasakan masih jauh dari memuaskan. “Marilah kita jawab tantangan ini. Caranya, PNS bukan lagi melakukan hal - hal biasa atau business as usual, akan tetapi berfikir inovatif agar dapat memperbaiki pelayanan publik,” imbuhnya. 

Asman berharap, kolaborasi LAN dan Pemerintah Kabupaten Kebumen mempunyai dampak yang signifikan untuk pelayanan publik bagi masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Kebumen. 

Sementara itu, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad mengatakan, Kabupaten Kebumen telah berkomitmen untuk terus berupaya melakukan reformasi birokrasi diantaranya melalui perubahan budaya dan pola pikir, terutama dalam memeprbaiki pelayanan publik. (p/ab)